4 Tips Penjelajahan Internet Aman 2021

4 Tips Penjelajahan Internet Aman 2021

 

4 Tips Penjelajahan Internet Aman 2021
4 Tips Penjelajahan Internet Aman 2021

Sekarang ini, Internet banyak digunakan oleh semua kelompok umur dan jenis kelamin. Orang-orang sadar akan keamanan internet tetapi tidak sedikit yang menganggap sepele keamanan internet dan itu mengakibatkan phishing, peretasan, penipuan bank, dll.

Hari ini saya akan membagikan 4 praktik keamanan Internet teraman yang akan menyelamatkan Anda dari phishing dan penipuan serta peretasan online.

Selalu periksa Sertifikat Keamanan

Saat menjelajahi situs web apa pun, pastikan Anda memeriksa bilah alamat URL di bagian atas browser. URL situs web harus berisi HTTP. Ada dua jenis protokol yang digunakan untuk melayani situs web ke pengguna akhir. Salah satunya adalah HTTP dan yang lainnya adalah HTTPS. HTTP adalah singkatan dari hypertext transfer protocol dan HTTPS adalah singkatan dari hypertext transfer protocol secure.

Jika Anda melakukan transaksi keuangan di situs web apa pun, itu harus berjalan di HTTPS. Juga, pastikan untuk memeriksa gembok hijau di samping sisi kiri URL HTTPS. Gembok hijau Sertifikat SSL ini akan memberi tahu Anda bahwa atas nama apa sertifikat SSL ini diterbitkan. Ini membantu mengidentifikasi keaslian situs web tempat Anda melakukan transaksi keuangan.

Selalu gunakan Wifi yang aman

Terlihat banyak orang terhubung ke wifi yang tidak dikenal di publik hanya untuk browsing internet. Ini bukan praktik yang aman. Anda harus selalu terhubung ke koneksi wifi yang dikenal dan aman jika Anda ingin file dan perangkat penjelajahan Anda tetap aman dari peretas. Dan jika Anda memiliki koneksi wifi di rumah atau kantor. Pastikan untuk mengamankan dan melindungi perangkat hotspot wifi Anda dengan kata sandi untuk mencegah akses tidak sah ke internet pribadi Anda.

Jangan klik tautan acak apa pun

Terkadang, orang menerima pesan penawaran acak di media sosial atau messenger WhatsApp mereka. Mereka hanya mengklik tautan itu tanpa berpikir bahwa itu mungkin tautan phishing. Jangan mengklik tautan yang tidak dikenal karena ini dapat memberikan akses ke perangkat Anda ke peretas. Pesan phishing semacam ini umumnya beredar dalam bentuk penawaran yang menarik.

Keamanan Permintaan Jarak Jauh

Saat ini, cukup mudah untuk meretas atau mengontrol PC atau perangkat apa pun dengan bantuan akses jarak jauh. Peretas biasanya mengikuti praktik ini untuk mengambil kendali perangkat dengan mudah. Jadi cukup wajib bagi semua pengguna internet untuk menggunakan fitur ini dengan penuh kehati-hatian.

Jika Anda tidak membaca peringatan atau pemberitahuan munculan apa pun atau Anda mengeklik tautan terima tanpa membacanya. Ini dapat memberikan akses jarak jauh ke perangkat Anda ke pengguna sisi lain. Jadi selalu sebelum mengklik tombol apa pun atau memberikan izin apa pun, periksa pesan permintaan yang muncul di dalamnya.

Dengan mempraktikkan kebiasaan internet yang aman ini, Anda dapat melindungi diri dari peretasan dan ancaman internet lainnya. Gunakan teknologi untuk penjelajahan yang aman dengan kebiasaan internet yang aman.

spirit of life in the work