Cara mencegah penyakit anemia

Cara mencegah penyakit anemia

 

Cara mencegah penyakit anemia
Cara mencegah penyakit anemia litehack.my.id

LiteHack.my.id - Kurang darah atau anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Cara mencegah penyakit anemia dengan menerapkan pola konsumsi yang sehat. Mencegah penyakit anemia tentunya dapat dengan mudah untuk dilakukan, cukup dengan memenuhi asupan akan zat besi tentunya akan menghindari anda dari gejala anemia atau kurang darah.

Hal yang memicu terjadinya penyakit anemia itu sendiri bukan serta merta karena kekurangan zat besi saja. Kekurangan akan asupan vitamin B12 serta asam filat juga dapat memicu terjadinya anemia. Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit anemia;

Ketika kita anemia atasi secepatnya

konsumsi zat besi

Mulailah mengkonsumsi sumber makanan yang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dengan tercukupinya asupan akan nutrisi yang memiliki kandungan zat besi ini akan mencegah penyakit anemia hadir dikehidupan anda. Mengkonsumsi jenis makanan tinggi akan zat bersi seperti kerang, tiram, hati sapi, sarden, tuna, udang serta biji-bijian tentunya akan mencukupi kebutuhan zat besi melalui sumber makanan tersebut. Disamping mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan kaya akan zat besi tersebut anda juga perlu mengkonsumsi buah maupun sayuran yang memiliki kadar zat bes yang baik.


konsumsi vitamin B12

Mencukupi kebutuhan akan makanan yang memiliki kandungan vitamin B12 seperti hati sapi, daging domba, keju, telur, bahkan seafood menjadi sumber asupan makanan yang memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Dengan terpenuhinya kebutuhan akan asupan makanan yang memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi tersebut tentunya dapat mencegah penyakit anemia. Disamping dapat mencegah penyakit anemia, dengan mengkonsumsi makanan yang sarat akan kandungan vitamin B12 ini tentunya akan mencegah kerusakan saraf pada otak anda.


Konsumsi makanan yang mengandung asam folfat

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat yang cukup pada makanan seperti jenis kacang-kacangan, kacang polong, sayuran yang berdaun hijau tua, serta mengkonsumsi jagung juga mampu mencukupi kebutuhan akan asam folat yang mampu mencegah penyakit anemia.


Penutup

Jadi begitulah pengertian anemia dan cara mencegahnya versi litehack.my.id, jika merasa artikel ini bermanfaat bisa di share ke teman-teman kamu ya sob. Terima kasih
spirit of life in the work