Bagaimana Jazz Mempengaruhi Musik Pop Saat Ini

Sejarah Jazz sangat dalam, bervariasi dan pengaruhnya telah meresap ke dalam banyak genre dari hip hop hingga pop dan bahkan musik rock.
Jazz Mempengaruhi music pop
Jazz Mempengaruhi Musik Pop Saat ini


 Sejarah Jazz sangat dalam, bervariasi dan pengaruhnya telah meresap ke dalam banyak genre dari hip hop hingga pop dan bahkan musik rock. Genre musik ini terkadang disalahartikan sebagai 'terlalu rumit dan dinikmati oleh musik sok' atau 'musik latar di bar', namun, hal itu kemungkinan besar berdampak pada beberapa artis favorit Anda! Mari kita lihat lebih dekat asal-usulnya, karakteristiknya, dan cari tahu bagaimana jazz memengaruhi musik pop modern.

asal usul jazz

New Orleans dipuji sebagai tempat kelahiran musik jazz, yang berasal dari paruh kedua abad ke-19. Itu adalah tempat peleburan budaya yang berbeda, semua bercampur menjadi satu, berbagi dan memainkan musik mereka. Lahir tidak lama setelah penghapusan perbudakan, jazz menandakan emansipasi, kebebasan berekspresi, dan eksperimen. Ini adalah perpaduan unik dari ritme yang berasal dari musik Afrika Barat dan berbagai instrumen dan akord harmonik yang digunakan dalam musik Eropa. Sementara kita dapat melacak akarnya kembali ke akhir 1900-an, jazz benar-benar mendapatkan 'terobosan besar' sekitar tahun 1920, di era 'dua puluhan yang menderu, yang membuatnya sukses dalam semalam. Musisi seperti Louis Armstrong, Duke Ellington, Count Basie semuanya menjadi terkenal. Sejak itu, beragam, kompleks, dan genre yang menarik telah berubah menjadi bentuk lain dan memengaruhi banyak genre musik yang kita kenal dan sukai saat ini. Pada saat yang sama, itu tidak mati dan masih mempertahankan panggung musik yang dinamis dari musisi jazz yang menakjubkan. Mari kita lihat beberapa fitur utama jazz dan bagaimana mereka memengaruhi gaya populer seperti pop, rock, dan hip hop.

Progresi akord

Jazz biasanya menggunakan banyak akord yang diperpanjang, menjauh dari triad tiga nada standar. Kami memperhatikan penggunaan 7ths, interval yang berkurang, 9ths, 11ths, dan akord berkelanjutan, antara lain, menciptakan harmoni yang penuh warna. Akord ini menambah lebih banyak kerumitan pada musik jazz dan merupakan cara ampuh untuk menciptakan ketegangan dan menambahkan rentang emosi yang lebih luas ke dalam permainan Anda.

Harmoni

Harmoni yang diciptakan oleh akord yang diperluas ini banyak digunakan dalam R&B, neo-soul, blues, dan folk. Jacob Collier adalah contoh yang sangat baik dari seseorang yang menggunakan harmoni jazz secara ekstensif dalam musik mereka. Itu juga muncul dalam lagu-lagu artis populer seperti Lianne La Havas, Celeste, Hiatus Kaiyote, dan banyak lagi lainnya. Menjelajahi interval di luar 3, 5, dan oktaf memungkinkan kami untuk menambahkan rasa yang berbeda pada komposisi kami, dan jazz telah sangat memengaruhi artis r&b dan neo-soul yang populer saat ini serta lagu-lagu pop klasik.

Struktur lagu

Jazz menjauhkan diri dari struktur lagu pop tradisional dari verse-chorus atau ABAB. Sebaliknya, sering menggunakan struktur lagu AABA atau bahkan ABABC, dan umumnya menawarkan lebih banyak ruang untuk struktur yang lebih longgar bagi seniman untuk mengeksplorasi. Kita bisa melihat pengaruh ini banyak digunakan dalam musik The Beatles, misalnya, dalam lagu 'Honey Pie'. Ketika berbicara tentang artis yang lebih baru, SZA sangat dipengaruhi oleh struktur lagu jazz. Lagu-lagunya menampilkan beberapa bagian yang semuanya terdengar sedikit berbeda. Dengan cara ini, dia tetap menarik bagi pendengar, mendorong mereka untuk terus datang kembali, karena lagu-lagunya kurang dapat diprediksi dan menjaga perhatian kita lebih lama. Improvisasi dan panggilan dan respons sangat menonjol dalam jazz, menekankan kebebasan berekspresi dan cara yang menarik untuk berkomunikasi melalui musik. Improvisasi yang cermat ini.


Irama

Musik jazz dicirikan oleh ritme ayunannya tetapi juga merupakan sumber daya yang tak ada habisnya untuk elemen ritme yang menarik! Sinkopasi, off-beats dan alur menular ditemukan di mana-mana dalam jazz. Genre ini juga dipengaruhi oleh ketukan samba, bossa nova, dan afro-Kuba, yang telah menemukan jalannya ke dalam musik pop saat ini. Kami mendengar ritme yang dipengaruhi jazz dalam musik Amy Winehouse, Tom Misch dan banyak lainnya, yang alurnya mengesankan membuat kami ingin mendengarkan lagi dan lagi.

Pengaruh jazz di Pop

Anda mungkin berasumsi bahwa musik pop dan jazz tidak memiliki kesamaan, karena unsur pop yang agak disederhanakan dan lugas. Tapi sebenarnya, jazz sangat dipengaruhi oleh jazz, apalagi sekarang kita melihat lebih banyak artis neo-soul dan hip-hop menjadi sorotan dan mendominasi musik populer. Musisi jazz sering tampil di jajaran artis pop, karena keterampilan mereka yang bervariasi dan mengesankan dalam membaca pandangan, improvisasi, dan dengan cepat mengambil materi yang kompleks. Kami melihat contoh-contoh ini berkali-kali dalam tur langsung, misalnya, band multi-instrumental yang mengesankan yang mendukung artis seperti Justin Timberlake, Beyonce, dan banyak lagi. Produksi musik adalah contoh lain bagaimana musik pop yang dipengaruhi jazz seperti karya Quincy Jones dengan Michael Jackson. Quincy pernah bekerja sebagai arranger dengan Frank Sinatra, Duke Ellington, Count Basie, Dizzy Gillespie. Pengaruh jazznya yang berat dapat didengar di seluruh diskografi Michael. Jika Anda mendengarkan dengan seksama, Anda akan melihatnya di banyak artis populer saat ini juga. Musik disko-pop yang funky dari Charlie Puth dan Dua Lipa, misalnya, memiliki pengaruh jazz yang jelas dalam bassline sinkop dan alur energik mereka.


Pengaruh jazz di Rock

Rock tampaknya genre yang tidak mungkin dipengaruhi oleh jazz tetapi tetap bersama kami. Gaya musik ini berasal dari rock'n'roll, yang berasal dari musik blues. Jazz juga berasal dari blues, namun juga telah menyeberang ke rock. Anda akan mendengar pengaruhnya di band-band seperti The Doors, Led Zeppelin, dan artis seperti Jimi Hendrix. 'Time' oleh Pink Floyd adalah contoh luar biasa dari pengaruh jazz dalam rock karena strukturnya yang tidak biasa, perubahan akord, dan harmoni. Radiohead, misalnya, biasanya dimasukkan ke dalam kategori rock, tetapi rekaman seperti The King of Limbs dan kehadiran drummer Clive Deamer, dari Get the Blessing, menyarankan sebaliknya. Kami mendengar pengaruh jazz mereka terutama pada lagu-lagu seperti 'Little by Little'. Jadi, rock adalah genre lain yang tidak luput dari pengaruh musik jazz.

Pengaruh jazz di Hip Hop


Dalam musik populer saat ini, hip hop berkuasa. Dan tentu saja, ini berakar kuat pada jazz, yang membawa kita ke lingkaran penuh, menunjukkan sepenuhnya bagaimana jazz memengaruhi musik pop modern. Hip hop berasal dari budaya sampling dan ada banyak sampel yang diambil dari jazz dan ditata ulang dalam hip hop. Menurut Who Sampled, Herbie Hancock telah mengambil sampel 984 kali, Miles Davis 293 kali, George Benson 290 kali. Ritme kompleks dalam hip hop sangat jelas berasal dari jazz dengan ketukan yang energik, sinkopasi dan off beat yang telah kita sukai dan biasakan dalam musik populer. Hip hop dan jazz juga terikat oleh penggunaan improvisasi. Musisi jazz akan sering berimprovisasi pada bagian-bagian lagu, 'berkomunikasi' satu sama lain melalui panggilan dan tanggapan dan ide-ide yang terpental di antara mereka sendiri. Hip hop mengekspresikan dirinya dengan cara yang sama melalui gaya bebas dan improvisasi yang memungkinkan kita mengintip tanpa diedit ke dalam visi mentah, latar belakang, dan ide musik sang seniman. Sementara jazz telah mempengaruhi banyak artis dan begitu banyak genre kami yang paling populer, jazz mungkin memiliki pengaruh paling kuat pada hip hop.

spirit of life in the work