Cara mengatasi gigi sensitif

Cara mengatasi gigi sensitif dengan memperhatikan akan penyebab yang mengakibatkan kondisi gigi semakin parah.
gigi sensitif
cara mengatasi gigi sensitif 


Cara mengatasi gigi sensitif dengan memperhatikan akan penyebab yang mengakibatkan kondisi gigi semakin parah. Gigi sensitif dengan rasa ngilu tentunya dapat menjadi masalah tersendiri bagi anda, dimana rasa ngilu akibat dari gigi sensitif ini tentunya akan mengganggu aktifitas anda. 

Penyebab utama gigi sensitif

Faktor utama yang menjadi penyebab gigi sensitif adalah karena terbukanya bagian dari gigi yaitu tubuli dentin yang memiliki jarak berdekatan dengan serabut syaraf gigi, jika terdapat rangsangan yang berada di sekitar tubuli dentin ini tentunya akan dapat mengakibatkan terjadinya reaksi terhadap syaraf gigi yang bisa berupa rasa ngilu pada gigi kita.

Adapun mengenai rangsangan yang bisa menjadi pemicu dari rasa ngilu pada gigi bisa terbentuk karena makanan dan juga minuman yang dingin, panas, asam dan manis. Sesaat setelah anda makan. 

Biasanya terbukanya tubuli dentin disebabkan oleh 3 faktor seperti erosi, atrisi dan abrasi,  dipengaruhi oleh pola makan anda, serta usia pemakaian gigi, bisa pula terjadi karena beberapa jenis penyakit tertentu serta karena kesalahan dalam menyikat gigi ataupun memilih jenis sikat gigi yang anda gunakan.

Tips mengatasi gigi sensitif


Gunakan pasta gigi khusus

Gunakanlah pasta gigi yang di formulasikan secara khusus bagi gigi sensitif, dimana kandungan yang terdapat pada jenis pasta gigi ini menjadi bahan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi yang dapat mengakibatkan gigi sensitif. Kandungan bahan aktif seperti Hydroxyapatite (HAP Mineral), Potassium Citrate dan Sodium Fluoride menjadi sumber utama dalam memperbaiki mineral gigi yang rusak ataupun hilang.

Kurangi konsumsi makanan kadar asam tinggi

Mulailah mengurangi kebiasaan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki kadar asam yang cukup tinggi untuk mencegah parahnya gigi sensitif anda. dengan menguranginya maka tentunya akan memperkecil resiko terkikisnya tubuli dentin.

Hindari kebiasaan menahan minuman kadar asam tinggi 

Hindari pula melakukan kebiasaan yang dapat memicu terjadinya erosi pada lapisan gigi anda yaitu dengan menahan minuman asam,  minuman soda bahkan kopi dalam mulut yang lebih lama, mengisap-hisap buah yang memiliki rasa asam yang cukup tinggi seperti jeruk dan biji mangga.

Pemilihan sikat gigi yang tepat

Sebaiknya pilihlah jenis sikat gigi yang memiliki bulu sikat dengan tekstur bulu yang lembut dan ujung sikat gigi yang bulat pada bagian ujung sikat gigi tersebut. Gunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut agar gigi tidak mudah mengalami gesekan yang kasar yang bisa terkikisnya lapisan gigi anda.

Jika kondisi rasa ngilu yang amat serius karena gigi sensitif yang anda rasakan, ada baiknya konsultasikan pada dokter gigi anda.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi gigi sensitif, kurang lebihnya admin ucapkan terima kasih. 
spirit of life in the work